Rabu, 16 Oktober 2013

UNIVERSITAS JEMBER



 


Universitas Jember dirintis sejak tahun 1957, namun awalnya Universitas Jember merupakan universitas swasta yang bernama Universitas Tawang Alun yang pada mulanya hanya memiliki satu fakultas, yaitu fakultas Hukum. Kemudian pada tahun 1963, universitas Tawang Alun telah berubah statusnya menjadi universitas negeri tetapi sebagai cabang dari Universitas Brawidjaja (UNBRA). Selanjutnya pada tahun 1964, Universitas Brawidjaja Tjabang Djember dinyatakan berdiri sendiri dengan status negeri menjadi Universitas Negeri Djember (UNED). Namun sekarang Universitas Negeri Djember berubah nama menjadi Universitas Negeri Jember dengan menggunakan ejaan baru.
Visi UNEJ adalah menjadi universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi, dan seni berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial.
Untuk mencapai visi tersebut, misi UNEJ adalah :
1.      Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan akademik, vokasi, dan profesi yang berkualitas dan berwawasan ecotechnopreneurship.
2.      Mengembangkan sains, teknologi, dan seni yang inovatif, berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial untukkesejahteraan masyarakat.
3.      Memberdayakan masyarakat agribisnis dengan menerapkan teknologi tepat guna berbasis kearifan lokal.
4.      Mengembngkan system pengelolaan universitas yang akuntabel dan bertaraf internasional.
5.      Mengembangkan jaringan kerja sama dengan stakeholders dan lembaga lain di dalam dan di luar negeri.
Sesuai dengan visi dan misi di atas, tujuan yang ingin dicapai UNEJ adalah :
1.      Menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi dan berwawasan ecotechnopreneurship.
2.      Menghasilkan karya-karya sains, teknologi, dan seni yang inovatif dan relevan dengan pelestarian lingkungan, pengembangan bisnis, dan pertanian industrial bertaraf internasional.
3.      Mewujudkan UNEJ menjadi pusat unggulan pembelajaran dan riset bidang lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial.
4.      Mewujudkan sistem kinerja professional dengan memantapkan penerapan sistem manajemen kelembagaan yang akuntabel, efektif dan efisien berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
5.      Mewujudkan UNEJ sebagai universitas bertaraf internasional.

0 komentar:

Posting Komentar